Rabu, 17 April 2013

Cara Kerja Printer Inkjet



Kerja printer inkjet
Kerena beragamnya jenis printer yang ada, maka disini akan dijelaskan cara kerja dari salah satu jenis printer yaitu printer inkjet saja. Di mana proses kerjanya dimulai dari tahap persiapan hingga tahap finishing, yang akan dijelaskan sebagai berikut :
1.      Tahap Persiapan
Tahap persiapan dimulai ketika printer dihubungkan dengan sumber arus dan komputer melalui interface port dan kertas diletakan pada peper tray.
2.      Tahap pengaturan
Tahap dimana kita mengatur bagian mana yangakan dicetak. Untuk printer ini kita dapat memilih kualitas cetak berupa pilihan high, standart, ekonomi atau costum. Warna yang akan kita gunakan bisa warna atau hitam saja. Serta apakah hasil yang akan kita cetak akan berwarna seperti aslinya atau kita buat menjadi hitam putih. Kita juga dapat mengatur ukuran serta posisi kertas.
3.      Tahap Mencetak
Tahap ini dimulai ketika pengguna sudah yakin dengan pengaturannya dan memilih ”OK” pada kotak dialog print pada komputer. Kemudian komputer akan mengirimkan data ke printer melalui kabel USB dalam bentuk bilangan – bilangan biner yan akan diterima komputer melalui port USB dan dilanjutkan ke PCB (printed circuit board) yang terdapat pada printer. PCB inilah yang kemudian yang akan menerima segala informasi dari komputer serta mengatur segala pergerakan printer. PCB akan mengirim perintah ke stepper penggerak kertas dan stepper penggerak kepala printer. Setelah stepper penggerak kertas menerima perintah maka ia akan menarik kertas dengan memutar roller dan stepper kepala printer akan menggerakan kepala printer ke kanan dan kiri dengan bantuan belt. Dengan bergeraknya kepala printer, cartridge akan mengeluarkan tinta dan dicetakan pada kertas dengan bantuan dari PCB yang terdapat pada kepala printer yang terhubung dengan microchip pada cartridge bilangan biner dari komputer dapat tercetak menjadi huruf – huruf yang sesuai.
4.      Tahap finishing
Tahap dimana kertas yang sudah dicetak dikeluarkan  dengan bantuan roller dan kemudian diterima oleh papper tray.
Merawat Printer
Keberadaan printer seolah sudah menjadi satu dengan komputer, namun sering kali pengguna tidak memperhatikan perawatan printer dengan baik. Hal ini justru akan menimbulkan masalah terhadap printer tersebut, misalnya printer ngadat atau mungkin rusak, yang sudah tentu akan merugikan pengguna itu sendiri. Untuk itulah sangat perlu sekali adanya suatu perawatan terhadap printer. Berikut ini akan dijelaskan beberapa cara merawat printer secara mudah dan murah diantaranya :
  1. Gunakan printer secara periodik yaitu gunakanlah printer anda secara periodik sedikitnya 2 – 3 kali seminggu, hal ini akan membuat aliran tinta dari lubangnya tetap lancar.
  2. Matikan printer saat tidak digunakan, hal ini akan mencegah menutupnya lubang-lubang aliran tinta didalam kepala printer.
  3. Bersihkan kotoran yang ada dalam printer
Setiap satu atau dua minggu bersihkan bagian dalam printer. Hal ini perlu untuk menjaga kemampuan printer dalam mencetak. Jangan tempatkan printer di tempat yang berdebu atau penuh serangga. Bila perlu bungkus printer setela selesai digunakan.
  1. Jagalah kondisi cartridge
Karena cartridge printer dipenuhi dengan penghubung listrik yang halus dan akan berpengaruh pada hasil cetakan, maka perlakukanlah cartridge dengan hati-hati. terutama saat mengganti tinta.
  1. Gunakan diagnostic tools
Umumnya seluruh printer memiliki perangkat lunak yang berisi bagaimana merawat dan mengatasi permasalahan yang timbul dalam printer tersebut. Pelajarilah software tersebut karena mungkin saja informasi yang teredia didalamnya bisa menolong anda dalam mengatasi permasalahan yang timbul pada printer anda.
  1. Matikan printer jika gagal mencetak
Terkadang, kegagalan dalam mencetak bisa diatasi dengan mematikan tombol printer, kemudian mencabut kabel daya. Setelah sepuluh menit masukkan kembali kabel daya pada colokannya, nyalakan printer dan cobalah mencetak kembali. Itulah hal-hal mudah yang sekiranya bisa anda lakukan agar kondisi printer anda tetap optimal.

1 comments:

Rayent Five mengatakan...

Misi gan, izin share ya...

A455LD-WX165D Graphic - White
Price Rp 7.099.000

Spesifikasi Produk

# Intel Core i5-5200U BROADWELL Processor
( 2.2 with turbo to 2.7 GHz, 3MB Cache )
# 4GB RAM
# 500GB HDD
# DVDRW multi drive
# NVidia GeForce GT820M with 2GB vram
# Camera, Card Reade, BT, HDMI
# 14" Wide LED display
# No O/S


Pusat Belanja Komputer

Terimakasih :)

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Jumlah Pengunjung

Pages

Blogger templates

Follow Me!!

Blogger templates

Copyright © 2012. IVAN INSOMNISA - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz