Selasa, 21 Mei 2013

Ciri - Ciri Orang Mati Syahid

uje meninggal duniaAllah SWt dalam berbagai nash dan petikan Hadits, sudah memberikan tujuh keutamaan bagi orang yang mati syahid, yaitu :
  1. Mengucapkan syahadat ketika hendak meninggal dunia. Ungkapan ini berdasarkan dalil/hadits dari Mu'adz bin Jabal ra, ia menyampaikan dari Rasulullah saw, "man kaana akhiiru kalamihi laa ila ha illallaah dakholal jannah (siapa yang akhir ucapannya adalah kalimat "laa ila ha illallaah" ia akan masuk surga)" (HR. Al-hakim dan selainnya dengan sanad yang hasan).
  2. Meninggal dengan keringat di dahi. Buraidhah Ibnul Husaib raketika berada di khurasan menjenguk saudaranya yang sedang sakit. Didapatkannyya saudaranya ini menjelang ajalnya dalam keadaan berkeringat di dahi, ia pun berkata "Allaahu Akbar! aku pernah mendengar Rasulullah saw bersabda: "mautul mukmini bingaroqil jannah ( meninggalnya seseorang dengan keringat di dahi). (HR. Ahmad, An-Nasa'i, dll)"
  3. Meninggal pada hari jum'at ( malam atau siang ) Sabda Rasulullah saw : "maa minmuslimin yamuutu yauma jumu'ati au lailatal jumu'ati illa waqoohullaah fitnatul kobri (tidak ada seorang muslimpun yang meninggal pada hari jum'at atau malam jum'at kecuali Allah akan menjaganya dari fitnah kubur ) (HR. Ahmad At-Tarmidzi)"
  4. Orang yang meninggal di waktu berperang (medan perang). Allah swt berfirman dalam surat Ali-Imran ayat 169-171, yang berbunyi "Dan janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati bahkan bahkan mereka hidup di sisi Rabb mereka dengan mendapatkan rizki. Mereka dalam keadaan gembira disebabkan karunia Allah yang diberikan-Nya kepada mereka dan mereka briang hati terhadap orang-orang yang masih tinggal dibelakang mereka (yang masih berjihad di jalan Allah) yang belum menyusul mereka. Ketahuilah tidak ada kekhawatiran atas mereka dan tidak pula mereka bersedih hati. Mereka bergembira dengan nikmat dan karunia yang besar dari Allah dan Allah tidak akan menyia-nyiakan pahala orang-orang yang beriman."
 
Itulah beberapa ciri orang yang mati syahid. Sebenarnya masih banyak lagi Hadis-Hadis yang berhubungan dengan hal diatas. Nah, Sekarang kta sudah tahu ciri-ciri orang yang mati syahid, apakah teman-teman tidak inginmati syahid? pasti semua ingin... betul gak? hehehe..... Oiya, Pada hari jum'at kemarin ustadz jeffry atau yang di kenal dengan sebutan uje telah berpulang ke Rahmatullah, mari kita berdo'a semoga amal ibadah beliau di terima di Allah SWT, amin amin amin yaa rabbal'alaamin. 
Semoga bermanfaat.......^_^
sumber :http://iput0882.blogspot.com/2013/04/ciri-ciri-orang-yang-mati-syahid.html#.UZsfz0pqfpQ

1 comments:

Unknown mengatakan...

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Anak Saya meninggal dunia hari Jum'at, dahinya berkeringat, kecelakaan motor,, hbs sholat isya berangkat ke Atm plgnyanya kecelakaan usia 16 thn, dia anak yg baik

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Jumlah Pengunjung

Pages

Blogger templates

Follow Me!!

Blogger templates

Copyright © 2012. IVAN INSOMNISA - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz